img-08

Tentang TING IX

Guru merupakan ujung tombak dalam pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan. Kualitas pendidikan tidak terlepas dari tanggung jawab seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran guna menyampaikan ilmu dan pengetahuan kepada peserta didik. Pada era digitalisasi, proses pembelajaran juga harus mengikuti trend dan perkembangan jaman agar tetap sejalan dengan kemajuan teknologi yang perkembangannya melesat sangat cepat. Oleh karenanya guru juga harus turut mengembangkan dirinya dalam memanfaatkan tekonologi agar dapat terus mengikuti perkembangan jaman.

Guru profesional dituntut memiliki kompetensi dalam mengaplikasikan bidang ilmu dengan memanfaatkan kemajuan TIK, mampu beradaptasi dengan perkembangan era digital untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya cerdas dan terampil, dan berbudi pekerti luhur serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Esa.

Untuk itu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP-UT) akan mengadakan Temu Ilmiah Nasional Guru IX Tahun 2017 (TING IX Tahun 2017) dengan tema Pendidikan Abad 21: Fungsi dan Peran dalam Pembelajaran. TING IX akan diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 18-19 November 2017 di Universitas Terbuka Conventiaon Center (UTCC), Kantor Pusat Universitas Terbuka, Tangerang, Banten.

Berikut adalah kegiatan Pra TING IX (Workshop) yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 November 2017.

(dalam pengagendaan)

Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) adalah suatu pertemuan ilmiah dan agenda tahunan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dipercayakan kepada FKIP-UT untuk memperingati Hari Guru setiap 25 November sejak tahun 2009. Peserta TING berkisar antara 500 sampai 1100 peserta dari seluruh Indonesia dan sejumlah negara Asia-Pasifik. Sekilas ke-delapan TING terdahulu (tanggal, tema, dan peserta adalah sebagai berikut).

  1. TING I Tahun 2009, 7 Agustus 2009, Profesionalisme Guru untuk Belajar dan Pembelajaran Berkualitas: Berbagi Keunggulan dan Pengalaman, Pendidik, Guru, Sejumlah partisipan dari ASEAN.
  2. TING II Tahun 2010, 24-25 November 2010, Memmbangun Karakter dan Profesionalisme Berbasis Budaya, Prof, Dr. Fasli Jalal (Wakil Menteri Pendidikan Pendidikan Republik Indonesia), Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd., Ratna Megawangi, Ph.D. , Dr. Seto Mulyadi, Psi., M.Si., Pendidik, Guru.
  3. TING III Tahun 2011, 23 November 2011, Perspektif Pembelajaran dalam Masyarakat Multi-Kultural,  Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA (Menteri Pendidikan Republik Indonesia), Prahastoeti Adhitama, Prof. Dr. Komarudin Hidayat, Pendidik, Guru.
  4. TING IV Tahun 2012, 24 November 2012, Pemberdayaan Guru dan Kebijakan Lokal dalam Globalisasi Pendidikan,  Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si. (Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi yang mewakili Menteri Pendidikan Republik Indonesia), Prof. Dr. Lidya Freyani Hawadi, Psi. (Direktur Jenderal Pendidikan Usia Dini), Prof. H. Arief Rachman, M.Pd., Pendidik, Guru.
  5. TING V Tahun 2013, 23 November 2013, Inovasi Pembelajaran untuk Generasi Emas,  Dr. Graham Dawson, Consultant for Education Quality AusAID Education Partnership SSQ (School Systems and Quality)Pendidik, Guru.
  6. TING VI Tahun 2014, 23 November 2014, Kurikulum 2013 untuk Membangun Generasi Emas, Prof. Dr. Syawal Gultom (Kepada Badan Pengembangan Sumber Daya dan Penjaminan Mutu Pendidikan yang mewakili Menteri Pendidikan Republik Indonesia), Prof. Dr. Djaali (Rector of Universitas Negeri Jakarta), Pendidik, Guru.
  7. TING VII Tahun 2015, 28 November 2015, Membangun Kesiapan Sumber Daya Manusia Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Anies Rasyid Baswedan, Ph.D (Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah) diwakili oleh Dr. James Modouw, M.MT.Staf Ahli Mendikbud Bidang Hubungan Pusat dan Daerah, Ruth Reynold, Asc Prof, Univ of Newcastle, Australia, H.E. Rahmat Pramono, Permanent Rep. of the RI to ASEAN, Prof. Dr. Udin S. Winataputra, MA., Pakar Studi Sosial & PKn, Joyce A. Fadjar., Edu Lead for Google Apps Support Programs in Indonesia.
  8. TING VIII Tahun 2016, 26 November 2016, Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.AP (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), Felicia Brown (Teacher Engagement Manager Microsoft Asia Pacific), Prof. Dr.Ir. Erika Budiarto Laconi, M.S, (Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan), Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd, (Guru TIK SMA Lab School Jakarta)

Project Feature

  • Publikasi
  • Makalah
  • Prossiding
  • Jurnal